Thursday, January 22, 2015

Pemimpin yang hebat

Ngomong-ngomong soal kepemimpinan, sering banget gw pengen ikut latihan kepemimpinan. Tapi gak pernah terwujud. Dan suamikyu tercinta bilang bahwa pemimpin yang sejati itu nggak pernah ikut2 kursus kepemimpinan tapi mereka melakukan kerja secara nyata dan melatih serta menguji jiwa kepemimpinan mereka di sana.

Menurut pendapat gw tuh, Jokowi merupakan pemimpin yang ideal. Dia tahu masalah sampai ke hal-hal teknis dan dia nggak banyak bicara tapi setiap kebijakan yang dia buat sepertinya dia sudah tahu resikonya, plus dia orangnya tenang banget dan gak gampang panik. Mungkin bisa dibilang kalau gw ngefans banget sama dia.

Bahkan sampai di tengah2 kasus di mana masyarakat mulai meragukan kepemimpinannya, gw membela dia secara membabi buta dan berharap dia melakukan hal-hal bijak yang memang berguna bagi negara. Misalnya di tengah kasus calon Kapolri yang ternyata ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, semua orang bilang bahwa dia disandera secara politik, sehingga gak berani ambil langkah keras. Masuk akal juga sih kalau semua orang bilang demikian. Tapi gw jg lihat sebagai pemimpin yang bijak, dia juga harus mengatur strategi yang lebih panjang dampaknya (kayak Tuhan aja ya tugasnya: menjadikan segala sesuatu indah pada waktunya).

Ngomong2 menjadikan segala sesuatu indah pada waktunya pun, sebenernya bisa dilihat dari dua sisi: sisi yang positif atau yang negatif. Kalau kita cuma lihat dari sisi yang negatif, tidak akan pernah ada akhir yang indah.

Nah lanjut lagi tentang Jokowi, ketika semua orang melihat dia diam saja, semua orang mengkritik Jokowi dan seakan lupa bahwa sedikit demi sedikit sudah ada perbaikan yang terjadi di negara ini, misalnya kedaulatan maritim, perbaikan distribusi dan penetapan harga BBM, dll. Jadi intinya menurut gw, gw masih layak untuk mempercayai bahwa Jokowi adalah pemimpin yang hebat. Buat yang udah nggak percaya ataupun nggak pernah percaya, it is fine. Kita kan boleh punya pandangan yang berbeda-beda.

SO, tetap menurut gw kriteria pemimpin yang hebat adalah: tahu masalah di lapangan, tidak mudah terprovokasi alias cool, tahu cara ngatur strategi yang terbaik (tidak cuma memikirkan satu langkah di depan), punya hati nurani dan berani ambil resiko untuk kepentingan banyak orang.

No comments:

Post a Comment